Dalam menganalisis terhadap perilaku
konsumen perlu diadakannya strategi, strategi pemasaran agar konsumen mendapat
kepuasan yang maksimal, harga dan kualitas barang tersebut terhadap konsumen
sehingga mendapatkan kepuasan yang maksimal.
1. Pengertian
strategi
Menurut (Umar, 2005:31) strategi adalah tindakan yang bersifat incermental (senantiasa meningkat)
dan terus-menerus, serta dilakukan berdasarkan sudut pandang tentang apa yang
diharapkan oleh para pelanggan di masa depan. Strategi hampir selalu dimulai
dari apa yang dapat terjadi dan bukan dimulai dari apa yang terjadi.
2. Pengertian
pemasaran
Pemasaran adalah suatu proses sosial dan
manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka
butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk
yang bernilai dengan pihak lain. Adapun strategi pemasaran merupakan
salah satu awal dalam rangka mengenalkan produk pada konsumen dan ini akan
menjadi sangat penting karena akan berkaitan dengan keuntungan-keuntungan yang
akan diperoleh oleh perusahaan. Jadi membutuhkan strategi pemasaran yang baik
guna mendapatkan hasil yang maksimal bagi konsumen dan konsumen tidak kecewa
terhadap pemasaran yang dilakukan oleh perusahan tersebut.
3. Strategi Pemasaran terhadap Kepuasan Konsumen
Strategi pemasaran cara untuk mencapai tujuan di dalam
melakukan kegiatan distribusi atau penjualan. Di dalam strategi pemasaran
terdapat cara tertentu dalam meningkatkan proses distribusi agar terciptanya
keuntungan yang maksimal bagi produsen dan kepuasan yang maksimal bagi
konsumen. Di saat menjalankan proses tersebut pemasaran pun memiliki hal-hal
guna menunjang proses distribusi atau penjualan, dan untuk mencapai kepuasan
konsumen. Strategi tersebut pun meliputi:
1.
Produk (barang, jasa, ide)
Segala hasil kerja
manusia yang dapat ditawarkan kepada manusia lainnya baik berupa barang, jasa
atau ide.
2.
Nilai
Perkiraan konsumen
atas suatu produk untuk kepuasan mereka, apa yang dirasakan atau diinginkan.
3.
Biaya
Harga yang harus
dibayar konsumen atas produk yang dikonsumsi.
4.
Pasar
Tempat yang berisi
semua pelanggan potensial yang berniat untuk transaksi terhadap suatu
produk. Ketika proses distribusi atau penjualan berlangsung dengan
menentukan produk, nilai, biaya, pasar. Dengan berjalan lancer proses
distribusi atau penjualan kepuasan akan timbul untuk para produsen dengan
adanya keuntungan yang maksimal dan kepuasan yang timbul pada konsumen.
Pada dasarnya manusia sebagai konsumen membeli barang dan jasa adalah untuk
memuaskan keinginan dan kebutuhan hidup. Hal ini berarti konsumen tidak hanya
membeli produk atau barangnya saja, akan tetapi yang dibeli adalah manfaat atau
kegunaan dari produk tersebut. Di dalam dunia perdagangan, kepuasan konsumen
merupakan salah satu faktor penting yang akan menentukan kesuksesan usaha
perdagangan seseorang. Kepuasan konsumen yang dimaksud adalah kemudahan yang
ditawarkan produsen kepada konsumen. Kemudahan-kemudahan yang mungkin
ditawarkan oleh produsen, kemudahan dalam bertransaksi, kemudahan dalam
berkomunikasi produsen. Faktor lain yang juga akan mempengaruhi distribusi
adalah bagaimana memperkenalkan produknya kepada konsumen. Semakin menarik
memperkenalkan produknya, maka produsen semakin mudah mengambil cara strategi
dalam pasar.
Kepuasan konsumen adalah suatu keadaan dimana
keinginan, harapan, dan kebutuhan konsumen dipenuhi suatu pelayanan dinilai
memuaskan bila pelayanan tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan harapan
konsumen. Pengukuran kepuasan konsumen merupakan elemen penting dalam
menyediakan pelayanan yang lebih baik, lebih efisien dan lebih efektif. Apabila
konsumen merasa tidak puas terhadap suatu pelayanan yang disediakan, maka
pelayanan tersebut dapat dipastikan tidak efektif dan tidak efisien. Hal ini
terutama sangat penting bagi pelayanan publik.
Menurut para ahli kepuasan konsumen antara
lain:
- Fandy mendefinisikan
"kepuasan konsumen sebagai evaluasi secara sadar atau penilaian menyangkut
kinerja produk relatif bagus atau tidak, dan apakah produk bersangkutanmemiliki kecocokan dengan tujuan atau
pemakaiannya". (Tjiptono, 2004:133). Menurut (Kotler,2000) bahwa kepuasan konsumen adalah hasil yang dirasakan oleh pembeli yang
mengalami kinerja sebuah perusahaan yang sesuai dengan
harapannya. Menurut (C. Mowen, 2000:512), Kepuasan Konsumen adalah “ Consumer Satisfaction is
defined as the overall attitude regarding a good or service after its
acquisition and use ".
- Menurut
Barkelay dan Saylor (1994), Kepuasan konsumen "fokus dari proses manajemen berorientasi pada konsumen, bahkan dinyatakan
pula bahwa kepuasan pelanggan adalah kualitas". Begitu juga definisi singkat tentang
kualitas yang dinyatakan oleh (Juran, 1993:90) bahwa, "kualitas adalah kepuasan konsumen. Kepuasan konsumen berkaitan erat
dengan mutu, mutu mempunyai dampak langsung pada prestasi produk dan dengan
demikian kepuasan konsumen". Kepuasan konsumen tergantung pada anggapan kinerja produk dalam menyerahkan nilai
relatif terhadap harapan konsumen, bila produk jauh lebih rendah ketimbang harapan konsumen, konsumen tidak puas. Bila prestasi sesuai
dengan harapan. Pembeli jasa merasa puas. Bila prestasi melebihi harapan,
pembeli jasa merasa amat gembira. Konsumen yang merasa puas akan membeli ulang
dan mereka memberi tahu orang lain mengenai pengalaman baik dengan produk itu.
Kuncinya adalah memenuhi harapan konsumen dengan prestasi perusahan.
4. Kualitas dan Harga Produk
Terhadap Kepuasan Konsumen
- Kualitas produk sebagai penghubung dari kepuasan
konsumen sudah lama diyakini. Setidaknya lebih lama dibandingkan dengan
keyakinan terhadap kualitas pelayanan sebagai penghubung kepuasan konsumen.
Kualitas produk sangat menentukan dengan adanya suatu kepuasan. Karena kualitas
produk yang baik dan sesuai dengan harapan dapat mendatangkan sikap positif
dari para konsumen yang merasakan kepuasan tersendiri.
- Harga Dalam Kepuasan Konsumen
Harga di dalam
suatu pendistribusian merupakan factor penting guna menunjang keuntungan bagi
para produsen, dan kepuasan bagi para konsumen. Harga dari berbagai produk yang
bermacam-macam, dapat menarik simpatik dari para konsumen. Dengan harga yang
murah dan kualitas produk yang baik dapat menimbulkan kepuasan konsumen yang
lebih.
Di
dalam kepuasan konsumen harga dan kualitas produk merupakan
faktor penting dalam menentukan kepuasan konsumen, karena harga pada
produk yang mempunyai kualitas yang sama tetapi menetapkan harga yang relative
murah akan memberikan nilai yang lebih tinggi, sedangkan pada kualitas produk itu
sendiri yaitu konsumen akan merasa puas apabila mendapatkan produk yang baik
atau yang sesuai harapan.
Jadi, tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan
merupakan faktor yang penting dalam mengembangkan suatu system penyediaan
pelayanan yang tanggap terhadap kebutuhan konsumen, meminimalkan biaya dan
waktu serta memaksimalkan dampak pelayanan. Pelayanan terhadap konsumen juga
harus ditingkatkan karena akan mempengaruhi kepada strategi pemasaran, jika
konsumen tidak merasa puas dengan pelayanan yang diberikan maka konsumen
tersebut tidak akan membeli produk tersebut namun sebaliknya jika pelayanan
yang memuaskan maka konsumen akan mendapatkan kepuasan yang maksimal.
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar