Rabu, 25 April 2012

Manusia dan Pandangan Hidup


Pandangan hidup merupakan pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pegangan,pedoman,arahan,atau petunjuk hidup di dunia.Dengan demikian pendangan hidup itu bukanlah timbul seketika atau dalam waktu yang singkat.
Pandangan hidup banyak sekali macamnya.Akan tetapi pandangan hidup dapat diklasifikasikan berdasarkan asalnya yaitu terdiri dari 3 macam:
1.     Pandanganhidup yang berasal dari agama yaitu pandanganhidup yang mutlak kebenarannya
2.     Pandangan hidup yang berupa ideologi yang disesuaikan dengan kebudayaan dan norma yang terdapat pada negara tersebut
3.     Pandangan hidup hasil renungan yaitu pandangan hidup yang relatif kebenarannya
Cita-cita merupakan keinginan,harapan,tujuan yang selalu ada dalam pikiran.Apabila cita-cita itu tidak mungkin atau belum mungkin terpenuhi,maka cita-cita itu disebut angan-angan.Antara masa sekarang yang merupakan realita dengan masa yang akan datang sebagai ide atau cita-cita terdapat jarang dan waktu.
Faktor manusia yang mau mencapai cita-cita ditentukan oleh kualitas menusianya.Cara keras dalam mencapai cita-cita merupakan suatu perjuangan hidup yang bila berhasil akan  menjadikan dirinya puas.
Faktor kondisi yang mempengaruhi tercapainya cita-cita,pada umumnya dapat disebut yang menguntungkan dan yang menghabat.Faktor yang menguntungkan merupakan kondisi yang memperlancar tercapainya suatu cita-cita,sedangkan faktor yang menghambat merupakan kondisi yang merintagi tercapainya suatu cita-cita.
Faktor tingginya cita-cita yang merupakan faktor ketiga dalam mencapai cita-cita.Pada umumnya dilakukan dengan penuh perhitungan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki saat itu serta kondisi yang dilaluinya.
Kebajikan atau kebaikan atau perbuatan yang mendatangkan kebaikan pada hakekatnya sama dengan perbuatan moral,perbuatan yang sesuai dengan norma-norma agama dan etika.
Manusia adalah seorang pribadi yang utuh yang terdiri atas jiwa dan badan.Manusia merupakan makhluk sosial.Manusia sebagai makhluk Allah swt,diciptakan dan dapat berkembang.
Usaha dan perjuangan adalah kerja keras untuk mewujudkan cita-cita.Kerja keras dapat dilakuakan dengan otak atau ilmu maupun dengan tenaga.
Kerja keras pada dasarnya menghargai dan meningkatkan harkat dan mertabat manusia.Dalam agama pun diperintahkan untuk kerja keras.Untuk bekerja keras manusia dibatasi oleh kemampuan.Karena kemampuan terbatas itulah timbul perbedaan tingkat kemakmuran antara manusia satu dan manusia lainnya.
Keyakinan atau kepercayaan yang menjadi dasar pandangan hidup berasal dari akal atau kekuasaan Tuhan.Ada 3 aliran filsafat:
1.     Aliran Naturalisme
2.     Aliran Intelektualisme
3.     Aliran Gabungan
Manusia pasti mempunyai pandangan hidup walau bagaimanapun bentuknya.Akan tetapi yang terpenting,kita seharusnya mempunyai langkah-langkah berpandangan hidup ini.Ada pun langkah-langkah itu sebagi berikut:
1.     Mengenal ,merupakan suatu kodrat bagi manusia yaitu merupakan tahap pertama dari setiap aktivitas hidupnya yang dalam mengenal apa itu pandangan hidup
2.     Mengerti,terhadap pandangan hidup iti sendiri
3.     Menhayati,nilai-nilai yang terkandung didalamnya
4.     Meyakini,berarti secara langsung ada penerimaan yang ikhlas terhadap pandangan hidup.
5.     Mengabdi,merupakan sesuatu hal yang penting dalam menghayati dan menyakini sesuatu yang telah dibenarkan dan diterima baik oleh dirinya lebih-lebih oleh orang lain.
6.     Mengamankan,mungkin sudah merupakan sifat manusia bahwa bila sudah mengabdikan diri pada suatu pandangkan hidup lalu ada orang lain yang mangganggu dan atau manyalahkannya tentu dia tidak menerima dan bahkan cenderung untuk mengadakan perlawanan

Sumbar:
Buku IBD Universitas Gunadarma
Di edit oleh penulis



Tidak ada komentar:

Posting Komentar